Dampak Kebijakan Perluasan Ganjil Genap Terhadap Jumlah Penumpang dan Pendapatan Transjakarta

Erni Pratiwi Perwitasari, Tri Mulyani Setyowati, Sri Handayani

Abstract


The DKI Jakarta Government has carried out evaluations and established regulations related to congestion that occurs in DKI Jakarta as the capital of the Republic of Indonesia. The Government's efforts in overcoming the congestion that occurred were that the 3 in 1 (three in one) program was established and implemented which was later replaced by the odd-even regulation on certain roads in the capital area. In 2018 odd-even trials were carried out during the Asian Games, until September 9, 2019, the DKI Jakarta Provincial Government determined an expansion of the odd-even area as an effort to stop the congestion that occurred. The purpose of this study is to determine and analyze dThe effect of the odd-even expansion policy on the number of passengers and revenue of TransJakarta in 2019 using path analysis. The calculation is done using Eviews 10 software with panel data type, namely a combination of cross section data with time series. This study uses secondary data regarding the number of TransJakarta passengers and TransJakarta revenue from corridors 1 towith 13 in 2019 that have been published. The choice of model in this study is the Random Effect Model which results in the findings of the research, namely that there is a significant direct or indirect effect between the Odd-Even Expansion Policy on TransJakarta Income through the Number of Passengers.


Keywords


Odd-Even Expansion Policy, TransJakarta, Panel Data, Path Analysis, Land Transportation

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo. 2010. Dasar-dasar Ekonomi Transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Alfionita Siahaan Pembimbing, O. M. and Endang Kornita dan Deni Setiawan, S. (2015) ‘Demands analysis of society products cosmetic Oriflame in Pekanbaru’, Jom FEKON, 2(2), pp. 1–11.

Arlina, R. and Purwanti, E. Y. (2013) ‘Analisis Penerimaan Daerah Dari Industri Pariwisata Di Provinsi Dki Jakarta Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya’, Jurnal Ekonomi Diponegoro, 2(3), pp. 1–15.

Case, K.L. & Fair, R.C, 2005, ”Prinsip-prinsip Ekonomi Mikro”. Edisi 7. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2003) Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 110 Tahun 2003 Tentang Pembentukan, Organisasi Dan Tata Kerja Badan Pengelola Transjakarta-Busway Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2016) Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Kurniawan, I. A. (2019) ‘Implementasi Kebijakan Transportasi Publik Bus Transjakarta (Busway) Dalam Rangka Mengurangi Kemacetan’, Statistical Field Theor, 53(9), pp. 1–24. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Menteri Perhubungan (2003) Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KM.35 Tahun 2003 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Oranga Di Jalan Dengan Kendaraan Umum.

Mutharuddin and Herawati (2013) ‘Dampak Penerapan Kebijakan Kendaraan Berplat Ganjil Genap Terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Pergerakan Kendaraan Bermotor dari Bekasi Menuju DKI Jakarta)’, Jurnal Penelitian Transportasii Darat, 15(1), pp. 1–11.

Perhubungan, D. (2012) PP Nomor 55 Tahun 2012.

Putong, Iskandar. 2013. Economics Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiarto, dkk. 2005. Ekonomi Mikro (sebuah Kajian Komprehensif), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2006. Mikroekonomi Teori Pengantar Ed.3. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

UU Nomor 22 Tahun 2009 (2009) Departemen Perhubungan.

Warpani. P. Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.

Yappo, E. and Najid, N. (2018) ‘Analisis Permintaan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Bus Transjakarta Koridor 10’, JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1(2), p. 101. doi: 10.24912/jmts.v1i2.2666.

Yudo, D. A. (2019) ‘Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Dki Jakarta’, 7(2), pp. 137–146.

Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2018, (2018) (testimony of Thorman Pardosi).

Tingkat Kemacetan Menurut Pemprov DKI dan TomTom Traffic, (2020) (testimony of DishubDKI). @DishubDKI_JKT

Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 4104/2003 Tentang Penetapan Kawasan Pengendalian Lalu Lintas Dan Kewajiban Mengangkut Paling Sedikit 3 Orang Penumpang Perkendaraan Pada Ruas-Ruas Jalan Tertentu Di Propinsi Daerah Khusus Ibu, (2003) (testimony of Gubernur Provinsi DKI Jakarta).

Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 77 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil-Genap Selama Penyelenggaraan Asian Games 2018, 2018

Akbar Oki. (2018). Kecepatan Kendaraan Meningkat 40 Persen Setelah Diberlakukan Ganjil Genap. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap, (2018) (testimony of Gubernur Provinsi DKI Jakarta).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (2018). Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Karta Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap. https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/Pergub_No._155_Tahun_2018.pdf

Instruksi Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, (2019) (testimony of Gubernur Provinsi DKI Jakarta).

Elisa, V. (2019). Penumpang melonjak, TransJakarta cetak laba 403 M. https://lokadata.id/artikel/penumpang-melonjak-transjakarta-cetak-laba-rp403-m

Departemen Perhubungan. PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, (2012) (testimony of Departemen Perhubungan).

Departemen Pehubungan, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Departemen Perhubungan (2009).

Ismiyati, I., Firdaus, M., & Arubusman, D. A. (2017). Manajemen Pemeliharaan Bus Transjakarta Dalam Mencapai Standar Pelayanan Minimum. Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik, 3(2), 185. https://doi.org/10.25292/j.mtl.v3i2.92




DOI: http://dx.doi.org/10.54324/j.mtl.v8i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erni Pratiwi Perwitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Creative Commons Licence

Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats